PENGUNJUNG

FORUM TATA RUANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Peta Unja Mendalo

Peta Unja Mendalo

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

COMMUNICATE

+62 812731537 01

Kota Jambi

Place

Place

ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

PROVINSI JAMBI

Ikutin lewat e-mail

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga
Contoh Kasus di Madagaskar

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


Klik saja iklan di bawah ini

Populer

Rabu, 16 Mei 2012

WISATA ZIARAH ke MAKAM RAJA JAMBI di PULAU BERHALA

by Oldy Arnoldy  |  at  18.30


DATUK PADUKO BERHALO "AHMAD BARUS II" 


Di Pulau Berhala terdapat peninggalan arkeologis yang beupa makam Datuk Paduko Berhala dan peninggalan tentara Jepang.

Datuk Paduko Berhalo adalah gelar yang diberikan kepada orang Turki yang bernama Ahmad Barus II. Ahmad Barus II dipercaya bermukim dan dimakamkan di Pulau Berhala. Beliau mendapatkan putri setempat yang bernama Putri Selaras Pinang Masak yang tinggal di Ujung Jabung menjadi istrinya. 

Selanjutnya dari pernikahan mereka lahirlah Orang Kayo Hitam yang menurunkan sultan-sultan di Jambi. Para keturunan Orang Kayo Hitam ini tidak menetap di Pulau Berhala melainkan memasuki pedalaman Jambi melalui Sungai Batanghari. Istana mereka yang berada di Tanah Pilih (Kota Jambi) masih berdiri sampai Belanda membumihanguskannya di masa Sultan Thaha Syaifuddin. 

sumber : Youtube Agus Suryadi

Peta Lokasi: klik di sini


Foto-foto


Posisi makam raja Jambi di Propinsi Jambi

Jalan menaiki tangga menuju makam raja yang di pandu oleh tokoh masyarakat

Menuju ke makam raja untuk membacakan doa

Persiapan membaca surat yassin dan doa bersama memohon rahmat dan hidayah
 untuk yang di doakan (raja Jambi) dan yang berdoa (pengunjung) kepada Tuhan YME

Batu Nisan Makam Raja Jambi - Penyebar Islam Pertama di Jambi
(untuk pembaca muslim: berilah sedekah dengan membaca al fatihah dalam hati
 yang ditujukan kepada  nama pada batu nisan diatas)


Bagaimana cara berkunjung ke sana:


Dengan memaksimalkan kualitas pelayanan (SERQUAL), kunjungan ke makam raja Jambi sekaligus menikmati wisata panorama Pulau Berhala. Bukan perjalanan yang murah, namun kepuasan yang ditemukan dapat tercapai, berupa pemandangan yang eksotik, sejarah yang menarik, masyarakat yang unik dan fenomena-fenomena alam di luar daya pikir manusia.

Perjalanan di mulai dari Kota Jambi, tepatnya berangkat dari depan rumah dinas gubernur menggunakan speed boat melalui Sungai Batanghari. Perjalanan akan menggambarkan horizon-horizon budaya lokal, karena budaya lokal di mulai dan berkembang di sepanjang sungai Batanghari.

Selama 3 jam perjalanan, setidaknya terlihat makam Orang Kayo Hitam, merupakan anak dari Datuk Paduka Berhala yang merupakan raja selanjutnya. Dan terlihat pintu utama menuju Taman Nasional berbak. Perjalan di hentikan di Desa Sungai Itik untuk melakukan sholat zhuhur, makan siang dan mendengarkan nasihat dan saran ketika berda di lokasi makam raja oleh tokoh masyarakat Desa Sungai Itik.

Perjalan ke makam raja Jambi selama 2 jam yang menyeberangi lautan akan melihat warna-warna air laut yang berbeda, di mulai dari warna coklat, hijau dan biru. Silahkan meletakan barang-barang bawaan pada pendopo/penginapan di Pulau Berhala dan selanjutnya bersiap-siap untuk menuju ke makam raja serta membacakan doa untuk beliau yang di pandu oleh tokoh setempat.

Sore yang indah, para pengunjung dipersilahkan untuk sholat ashar,  bermain di laut dan berfoto-foto atau berenang (panitia mengawasi pengunjung untuk menghindari kecelakaan). Dan pengunjung dipersilahkan untuk sholat magrib dan selanjutnya bersiap-siap untuk makan malam.

Setelah waktu isya tiba untuk sholat, pengunjung akan mendengarkan kisah, sejarah dan cerita tentang raja Jambi dari tokoh masyarakat dan selanjutnya dipersilahkan untuk istirahat tidur, karena pagi-pagi akan melihat matahari terbit dan persiapan sarapan pagi serta jalan-jalan mengitari setengah pulau.

Perjalanan pagi-pagi ini di mulai dengan melihat pemukiman dan budaya masayarakat lokal, tugu belanda, meriam jepang, koral muda, batu karang dan lain-lainya.

Biaya perjalanan ini Rp600.000,- per pengunjung dan minimal 20 pengunjung untuk perjalanan 2 hari satu malam. Biaya tersebut untuk transportasi pp Kota Jambi - P.Berhala, penginapan dan konsumsi, asuransi dan cindera mata.

Pengunjung dapat menguhubungi nomor handphone 0812-731-537-01 untuk paket perjalan. Karena musim perjalan hanya bisa dari bulan mey hingga oktober. Selain bulan itu ombak besar, beresiko.

0 comments:

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Struktur Sungai

Struktur Sungai
Proudly Powered by Blogger.