Klik halaman iklan di bawah ini dan earning ads akan di donasikan
sebagian untuk membantu pelestarian rotan jernang dan pelestarian hutan Jambi.

Pengunjung

Minggu, 12 Juli 2009

Tutupan Lahan (vegetasi kawasan)dengan Pemanfaatan Citra Satelit

Perolehan Informasi mengenai (kerapatan biomassa atau (tingkat kehijauan) vegetasi sering menjadi tujuan-tujuan milik studi – studi dan investigasi terhadap penutupan lahan (landcover); terutama bagi wilayah-wilayah yang sering kali disebut PARU-PARU DUNIA (dan sering juga dikaitkan dengan masalah-masalah emisi karbon dan cadangan oksigen dunia) dan negara nomor wahid di dalam keaneka ragaman (diversity) jenis flora dan fauna.

Informasi yang sering dinyatakan dalam terminologi indeks vegetasi (VI) ini, secara praktis dan dapat diperoleh dari CITRA SATELIT PENGINDERAAN JAUH. Makin besar nilai indeks ini, makin rapat dan sehat vegetasinya. Informasi seputar ini dapat memberikan kontribusi terbaiknya pada bidang-bidang kehutanan (Forestry).

Pada pembicaraan seputar vegetasi di Indonesia, khususnya area hutan, secara umum teradpat fakta yang boleh disebut kontradiktif : seringnya terjadi penebangan , penggudulan, pencurian kayu (Illegal Logging), dan kerusakan hutan dengan kecepatan yang relatif tinggi sebesar 2,8 juta Ha pertahun untuk periode 1997-2000 dan 1,8 juta Ha pertahun untuk periode 2001-2005; sementara penanamannya kembalinya (recovery) belum sebanding.

Dalam kaitan inilah aktivitas pada bidang-bidang penginderaan jauh beserta proses pengolahan citranya diperlukan sebagai alat bantu untuk memonitor, menginventarisasikan, dan mengevaluasi sumber daya penyerap carbon sekaligus produsen oksigen bagi dunia. Hutan. (powered by HB-susufanta@yahoo.com)
Poskan Komentar

Kantor-kantor


Lihat JAMBI PROVINCE GOVERMENT di peta yang lebih besar
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

TERAKHIR DI UPDATE GOOGLE

EARTH

Loading...

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove

Struktur Sungai

Struktur Sungai

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA