Senin, 19 Juli 2010

Menteri Lingkungan Hidup Lepas 300 Tukik di Kuta

 Menteri Lingkungan Hidup Lepas 300 Tukik di Kuta
 
Denpasa (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta bersama perbankan melakukan pelepasan sebanyak 300 tukik di Pantai Kuta, Bali, Senin. Menteri LH berpesan kepada insan perbankan untuk menolak permohonan kredit dari perusahaan yang masuk kategori hitam, yang dalam praktik usahanya melakukan perusakan lingkungan. "Saya minta kepada perbankan untuk menolak jika diketahui usahanya melakukan perusakan lingkungan hidup," katanya.


Acara pelepasan tukik dan penghijauan itu merupakan rangkaian dari pelaksanaan "Seminar Nasional Peran Bank dalam Keberlanjutan Masa Depan Bumi Kita" yang akan berlangsung Selasa (20/7) di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta. Selain ratusan insan perbankan dari sejumlah bank, seperti BNI, dan Bank Pembangunan Daerah dari berbagai provinsi, di antaranya Bank Jabar Banten, Bank Nagari, dan Bank Pembangunan Daerah Bali.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Hatta meminta ketegasan perbankan untuk menolak permohonan kredit dari perusahaan yang melakukan perusakan lingkungan.
Ia mengingatkan agar pihak bank mendukung upaya penghijauan dan pemeliharaan lingkungan.

"Pihak perbankan mestinya melihat manfaat dari upaya penghijauan yang dilakukan. Pemerintah Indonesia punya komitmen dengan Jerman, setiap satu juta euro yang dikeluarkan untuk upaya penghijauan berimbas pada pengurangan hutang Indonesia ke Jerman sebesar dua juta euro," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPD Bali I Wayan Sudja mengatakan, pihaknya memang menjadi salah satu bank penyalur dana pinjaman untuk usaha ramah lingkungan.
"Untuk tahun 2009, kami sudah menyalurkan pinjaman sebesar Rp15 miliar. Dananya berasal dari Kementerian Keuangan, sementara untuk mendapatkan dana ini harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan Kementerian LH," katanya.

Menteri LH dalam sambutannya juga memuji masyarakat Bali yang peduli dan dekat dengan lingkungan hidup. "Masyarakat Bali, telah lama dekat dengan alam berkat ajaran filosofi "Tri Hita Karana" atau tiga hubungan dalam kehidupan manusia, yaitu hubungan manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan," ucapnya.

Pada acara itu sebanyak tiga ratus tukik dilepas di Pantai Kuta, diikuti oleh dua ratus orang insan perbankan yang hadir di pantai wisata tersebut.

Tampak juga sejumlah wisatawan asing dan nusantara yang kebetulan berlibur di pantai berpasir putih ikutserta melepas anak penyu tersebut. Acara itu diakhiri dengan penanaman pohon di areal Pantai Kuta.


Hak Cipta © 2010 Yahoo! Southeast Asia Pte. Ltd. (Co. Reg. No. 199700735D). Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.

Sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20100719/tpl-menteri-lingkungan-hidup-lepas-300-t-cc08abe.html

Tidak ada komentar:

Alfin: Layak Dipilih untuk Walikota Sungai Penuh 2024 - 2029

Sungai Penuh, 30 April 2024 – Alfin semakin menjadi pilihan utama sebagai walikota Sungai Penuh untuk periode 2024 - 2029 berdasarkan sejum...

Struktur Sungai

Struktur Sungai

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

Kota Jambi

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

TERAKHIR DI UPDATE GOOGLE

COMMUNICATE

+62 812731537 01