PENGUNJUNG

FORUM TATA RUANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Peta Unja Mendalo

Peta Unja Mendalo

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

COMMUNICATE

+62 812731537 01

Kota Jambi

Place

Place

ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

PROVINSI JAMBI

Ikutin lewat e-mail

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga
Contoh Kasus di Madagaskar

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


Klik saja iklan di bawah ini

Populer

Minggu, 19 Juni 2011

Kaltim akan ubah strategi ekonomi

by Oldy Arnoldy  |  at  12.52


altTENGGARONG: Kalimantan Timur berniat mengubah strategi dari ekonomi daerah yang berbasis migas dan pertambangan menjadi berbasis industri dan pertanian dalam arti luas. Ini karena sektor pertanian dinilai mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi.

Dengan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) sebesar Rp320 triliun pada 2010, perekonomian Kaltim saat ini masih didominasi sektor pertambangan dan penggalian (41,62%) dan industri pengolahan migas (34,8%).

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan walaupun kontribusi sektor pertanian dalam arti luas masih rendah terhadap PDRB, tetapi mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 35% dibandingkan dengan sektor migas dan pertambangan yang hanya menyerap 11,74% tenaga kerja.

"Sektor pertanian tidak diragukan lagi karena mampu mengurangi pengangguran dan menekan angka kemiskinan. Inilah yang menjadi alasan mengapa Kaltim menetapkan visi Kaltim Bangkit 2013," kata Awang dalam pembukaan Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan 2011 kemarin.

Sebagai provinsi terluas kedua setelah Papua, Kaltim memiliki jumlah penduduk 3,5 juta jiwa dan laju pertumbuhan penduduk 3,9% per tahun.

Untuk mewujudkan pengembangan bidang pertanian dalam arti luas tersebut, Awang menegaskan pihaknya mengharapkan dukungan pemerintah pusat. Dukungan tersebut diantaranya rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) segera disahkan sehingga daerah memiliki kepastian hukum mendapatkan kawasan-kawasan budidaya non kehutanan dan hutan-hutan sekunder yang bisa dikonversi untuk lahan pertanian.

"Insya Allah lahan-lahan pertanian di Kaltim akan bertambah, bukan berkurang. Pengembangan pertanian di Kaltim ke depan tidak lagi dilakukan secara konvensional tetapi secara industrialisasi dengan menekankan pada peningkatan produktivitas yang bernilai tambah," papar Awang. (tw)

SUMBER : BISNIS.COM

0 comments:

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Struktur Sungai

Struktur Sungai
Proudly Powered by Blogger.