PENGUNJUNG

FORUM TATA RUANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Peta Unja Mendalo

Peta Unja Mendalo

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

COMMUNICATE

+62 812731537 01

Kota Jambi

Place

Place

ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

PROVINSI JAMBI

Ikutin lewat e-mail

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga
Contoh Kasus di Madagaskar

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


Klik saja iklan di bawah ini

Populer

Rabu, 30 Mei 2012

Informasi Geospasial, Input Penyusunan Rencana Tata Ruang

by Oldy Arnoldy  |  in Study Tata Ruang at  17.11



“Dalam proses penyusunan rencana tata ruang, informasi geospasial yang bersifat dasar maupun tematik merupakan input penting, terutama dalam penyusunan rencana struktur ruang dan rencana pola ruang suatu wilayah atau kota”, hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang Ruchyat Deni Djakapermana dalam acara Seminar dan Diskusi Panel “Sinkronisasi Perencanaan Tata Ruang di Indonesia terkait dengan Undang-Undang Geospasial” di Universitas Esa Unggul, Jakarta. (23/05)

Selain sebagai input dalam penyusunan rencana tata ruang, “informasi geospasial juga memiliki urgensi dan manfaat dalam mempermudah proses pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang, terutama dalam proses pengambilan keputusan” tegasnya. Hal ini tentunya perlu didukung dengan informasi geospasial yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan 

.
Sebagaimana yang diatur dalam UU No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, informasi geospasial dasar berupa Peta Rupabumi Indonesia, Peta Lingkungan Pantai Indonesia, dan Peta Lingkungan Laut Nasional. Sedangkan informasi geospasial tematik berupa informasi geospasial yang menggambarkan satu atau lebih tema tertentu yang mengacu pada informasi geospasial dasar.

Dalam kesempatan tersebut, Sesditjen Penataan Ruang juga menyampaikan bahwa demi mendukung percepatan penyelesaian RTRW diperlukan juga percepatan penyediaan informasi geospasial berupa peta dasar pada skala yang detail oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik, staff pengajar dan mahasiswa dari Universitas Esa Unggul, serta mahasiswa dari Universitas Trisakti, Institut Teknologi Indonesia dan Universitas Pakuan.

0 comments:

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Struktur Sungai

Struktur Sungai
Proudly Powered by Blogger.