Sabtu, 19 Januari 2019

Revolusi Industri 4.0 : Kecerdasan Bisnis

Event Lomba Mancing Bumdes Pentagen terhadap Perubahan Ekonomi.

1.Kecerdasan Bisnis

Sejarah Bumdes Pentagen terhadap usaha bisnis di mulai awal tahun 2017. Dimulai dari usah pembuatan embung desa. Dinas Perikanan Kerinci memberikan bantuan bibit ikan dan BNI Sei Penuh memberikan literasi keuangan berupa Bank Desa.


Bibit ikan mulai besar dan butuh pakan untuk perawatan. Saat kecil biaya pakan masih bisa di cukupi dan saat besar pakan mengalami peningkatan kebutuhan.

Akses yg lancar menuju embung akhirnya menjadi destinasi orang banyak untuk rekreasi. Kecerdasan bisnis pertama segera di realisasikan oleh pengurus Bumdes dengan membuat embung menjadi Kolam Wisata dengan nama Kolam Pertiwi dan pengunjung yg masuk diberi karcis serta bebas biaya parkir.

Kecerdasan bisnis kedua muncul dari jumlah pengunjung yang membeli pakan ikan ukuran kecil dengan harga Rp2rb sd Rp5rb sebagai hiburan melihat ikan yg di pelihara. Dari 1 karung pakan yg dibeli bisa menghasilkan 2 karung pakan. Kecerdasan itu meringkan biaya pakan bahkan menguntungkan.

Kecerdasan bisnis ketiga muncul dari event lomba mancing. Pendapatan diterima dari peserta serta 2 usaha diatas. Kecerdasan bisnis itu situasional dan ketika kita bisa melihat demand makan kita king marketnya.

2. Peningkatan Ekonomi

Otomatis dengan jumlah pengunjung yang banyak membuat masyarakat sekitar membangun warung makan dan minum. Dari jumlah pengunjung yang datang tentu mereka belanja di warung tersebut.

Pendapatan warung akan meningkat dan akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga pemilik warung. Dari adanya penciptaan peluang usaha masyarakat yang di sebabkan secara tidak lamgsung oleh Bumdes maka peluang usaha adalah variabel utama menuju kesejahteraan masyarakat desa sebagai tujuan kedua dari dibentuknya Bumdes.

Pendapatan Bumdes akan meningkat karena adanya event ini. Anggota pengurus akan mendapat tambahan pendapatan diluar gaji tetap karena adanya penciptaan tenaga kerja oleh Bumdes.

Sama dengan menciptakan peluang usaha maka penciptaan tenaga kerja adalah variabel utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yg merupakan tujuan pertama Bumdes.


Kemampuan budaya bisnis yg proporsional  di desa akan membuat negara ini menjadi Raksasa ekonomi dunia karena dibangun dari pinggiran.

3. Publikasi sosial

Efek yang didapat dari publikasi dari mereka ditempat dan mengupload di sosial media bisa menjadi kecemburuan positif bagi Bumdes lain umtuk membuat event-event lain untuk perubahan ekonomi mereka sendiri

Publikasi event oleh mereka ditempat dan diterima mereka yg jauh melalui media sosial merupakan bentuk dari filsafat Revolusi Industri 4.0.

Pertukaran sosial akan terjadi dari dampak Revolusi 4.0 dari mereka yg tidak tau menjadi tau dan pastinya perubahan etika dan estetika akan mempengaruhi perubahan sosial tersebut. Kita hanya bisa menfilter mana perubahan sosial yg baik dan yg buruk itk diikutkan atau ditinggalkan.

Tidak ada komentar:

Struktur Sungai

Struktur Sungai

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

Kota Jambi

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

TERAKHIR DI UPDATE GOOGLE

COMMUNICATE

+62 812731537 01