PENGUNJUNG

FORUM TATA RUANG. Diberdayakan oleh Blogger.

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Peta Unja Mendalo

Peta Unja Mendalo

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Sipin - Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

Danau Teluk Kota Jambi

COMMUNICATE

+62 812731537 01

Kota Jambi

Place

Place

ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

PROVINSI JAMBI

Ikutin lewat e-mail

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga

Prediksi Karbon dengan IDRISI Taiga
Contoh Kasus di Madagaskar

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


Klik saja iklan di bawah ini

Populer

Selasa, 22 Mei 2012

Rumput laut dapat menjadi toko karbon seperti hutan

by Oldy Arnoldy  |  at  09.35


Sumber : NSF


Peneliti menemukan 19,9 miliar ton karbon tersedia pada tanaman rumput laut di seluruh dunia 

Photo of scientists taking samples of seagrass beds at the Florida Coastal Everglades LTER site.
Scientists take samples of seagrass beds at NSF's Florida Coastal Everglades LTER site.
Credit and Larger Version

Rumput laut  adalah bagian penting dari solusi untuk perubahan iklim dan padang rumput laut dapat menyimpan karbon sampai dua kali lipat dari hutan tropis. Makalah ini adalah analisis "Ekosistem rumput laut sebagai sumber karbon global yang signifikan".

Hasil penelitian menunjukkan bahwa padang  rumput laut pantai menyimpan hingga 83.000 metrik ton karbon per kilometer persegi, sebagian besar di bawah tanah tanaman. Dan hutan darat sekitar 30.000 metrik ton per kilometer persegi, yang sebagian besar adalah dalam bentuk kayu.

Penelitian ini juga memperkirakan bahwa meskipun padang  rumput laut menempati kurang dari 0,2 persen dari lautan di dunia, mereka bertanggung jawab untuk lebih dari 10 persen dari semua karbon per tahun di laut.

Rumput laut hanya mengambil sebagian kecil wilayah pesisir global, tetapi penilaian ini menunjukkan bahwa mereka suatu ekosistem yang dinamis untuk transformasi karbon," kata James Fourqurean, penulis utama dari Florida International University dan National Science (NSF) Foundation Florida Everglades Pesisir Penelitian Jangka Panjang Ekologi (LTER).

Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk terus menyimpan karbon dalam akar dan tanah di pesisir pantai, kata Fourqurean. Kami menemukan tempat di mana padang rumput laut telah menyimpan karbon selama ribuan tahun.

Penelitian ini dipimpin oleh Fourqurean dalam kemitraan dengan para ilmuwan di Dewan Tinggi Spanyol untuk Investigasi Ilmiah, Lembaga Kelautan di University of Western Australia, Bangor University di Inggris, University of Southern Denmark, Yunani Pusat Penelitian Kelautan di Yunani , Universitas Aarhus di Denmark dan University of Virginia.

Para peneliti menemukan, rumput laut menyimpan 90% karbon mereka dalam tanah dan terus bertambah di atasnya selama berabad-abad.

Rumput laut adalah salah ekosistem dunia yang paling terancam. Beberapa 29 persen dari semua padang  rumput laut  bersejarah telah hancur, terutama karena pengerukan dan penurunan kualitas air. Setidaknya 1,5 persen dari padang rumput laut bumi hilang setiap tahunnya.

Studi memperkirakan bahwa emisi dari perusakan padang rumput laut berpotensi dapat memancarkan hingga 25 persen lebih banyak karbon seperti yang berasal dari deforestasi terestrial.

Satu hal luar biasa tentang padang rumput laut adalah bahwa, jika dikembalikan, mereka dapat secara efektif dan cepat menyerap karbon dan membangun kembali untuk menyerap karbon hilang," kata co-author Karen McGlathery, seorang ilmuwan di University of Virginia dan NSF Virginia Pantai Cagar situs LTER. Virginia Pantai Reserve dan Pantai Florida Everglades situs LTER dikenal untuk tempat tidur yang luas rumput laut .

Rumput laut telah lama dikenal untuk manfaat ekosistem mereka: mereka menyaring sedimen dari lautan; melindungi garis pantai terhadap banjir dan badai, dan menjadi habitat bagi ikan dan kehidupan laut lainnya.

Hasil baru, kata para ilmuwan, menekankan bahwa konservasi dan restorasi padang rumput laut dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan simpanan karbon - sementara memberikan "jasa ekosistem" penting bagi masyarakat pesisir.

Penelitian ini merupakan bagian dari Inisiatif Karbon Biru, upaya kolaborasi dari Conservation International, Uni Internasional untuk Konservasi Alam, dan Komisi Oseanografi Antar Pemerintah UNESCO.



0 comments:

Kebun Mangrove

Kebun Mangrove

Jaringan Jalan

Jaringan Jalan

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Struktur Sungai

Struktur Sungai
Proudly Powered by Blogger.