Sabtu, 29 Oktober 2022

COVID-19 dan Pemimpin Perubahan


Pandemi COVID-19 mengubah dunia dengan cepat, menciptakan efek ekonomi global jangka panjang dan aspek sosial ekonomi, tingginya angka kematian menyebabkan orang mengalami banyak masalah psikologis termasuk stres, kecemasan, depresi dan ketakutan (
Kloutsiniotis et al., 2022).

Pembatasan-pembatasan yang telah dilakukan selama COVID-19 seperti larangan perjalanan internasional dan domestic sangat mengganggu industri pariwisata dan perhotelan, bisnis pariwisata mengalami kerugian finansial yang belum pernah terjadi sebelumnya, memaksa sebagian besar dari mereka untuk menutup operasi dan memberhentikan pekerja (Bajrami et al., 2021; Goh & Baum, 2021).

Banyak hotel telah mengadopsi karyawan bekerja dari rumah sebagai strategi operasional untuk beradaptasi untuk mempertahankan kinerja mereka, bekerja dari rumah mempengaruhi karyawan baik secara positif, misalnya; otonomi pekerjaan dan gangguan kerja rumah, akibatnya, sebagian besar pekerja di perhotelan telah kehilangan pekerjaan, sedangkan sebagian lainnya terkena dampak negatif dalam hal kesehatan mental (Chi et al., 2021).

Mereka merasakan kecemasan dan ketidak-stabilan pendapatan karena kebanyakan dari mereka dipekerjakan dengan pengaturan non-standar, subkontrak dan pekerjaan lepas berdampak pada kecemasan, frustrasi dan peningkatan stres karyawan hotel yang pada akhirnya mengarah pada kelelahan (Martins et al., 2020; Fan et al., 2014).

Perkembangan terkini terkait pandemi adalah pentingnya menjaga industri perhotelan tetap lestari selama dan setelah COVID-19, jumlah penelitian COVID-19 dalam studi perhotelan telah mulai meningkat selama setahun terakhir, para peneliti telah memberikan strategi anti-pandemi (Hao et al., 2020; Mao et al., 2020).

Namun, dari studi yang dipublikasikan hanya satu yang berfokus pada kepemimpinan untuk hasil karyawan, tidak ada yang meneliti efek manajemen sumber daya manusia dalam mengurangi dampak negatif COVID-19 pada kesehatan karyawan (J. Zhang et al., 2020).

Efek manajemen sumberdaya manusia dalam meredam dampak negatif COVID-19 terhadap kesehatan karyawan secara umum adalah satu topik penting dalam literatur manajemen sumberdaya manusia menyangkut efek kebijakan dan prakteknya terhadap kinerja perusahaan (Kloutsiniotis et al., 2022).

Penelitian di bidang perhotelan terutama manajemen sumberdaya manusia sebagai penyebab dari perilaku karyawan namun peran moderator sebagian besar jarang digunakan (Tuan, 2018).

Meskipun interaksi antara manajemen sumberdaya manusia dan kinerja organisasi telah diteliti oleh berbagai peneliti selama bertahun-tahun, namun tujuan menguraikan kotak hitam dari pemimpin transformasi untuk hasil karyawan dan kejenuhan telah diabaikan (Ogbonnaya & Messermith, 2019).

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi sekelompok individu untuk mencapai visi atau hasil yang diinginkan, kepemimpinan berdampak langsung dan tidak langsung terhadap kinerja karyawan dan memprediksi keberhasilan atau kegagalan suatu (De Jong & Den Hartog, 2007; Wen et al., 2019).

Gagasan kepemimpinan telah diteliti dengan berbagai pendekatan yang memberikan definisi dan implikasi yang berbeda terhadap masalah dan efektivitas pemimpin dalam peran mereka dalam menghadapi lingkungan bisnis yang berubah kompleks (Tal & Gordon, 2016).

Ada dua jenis pemimpin, yaitu; pemimpin transaksi dan transformasi, pemimpinan transaksi melibatkan hubungan pertukaran antara pemimpin dan pengikut yang mencakup penghargaan yang diwakilkan dan manajemen dengan pengecualian, jenis pemimpin ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan luar pengikut (ekstrinsik),  sebaliknya pemimpin transformasi dicirikan dengan pengembangan karyawan berorientasi pada proses, komitmen berdasarkan kepercayaan dan harapan dan berfokus pada pemenuhan kebutuhan dalam pengikut mereka (intrinsik) (Wen et al., 2019; Zheng et al., 2017)

Berdasarkan karakteristik ini, pemimpin transformasi telah dikaitkan dengan hasil karyawan yang bermanfaat yang mencakup kebahagiaan, kesehatan dan kesejahteraan psikologis sehingga menghasilkan peningkatan kinerja (Braun et al., 2013; Kelloway et al., 2012).

Beberapa penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa pemimpin transformasi yang efektif berhasil membawa organisasi keluar dari krisis (Bowers et al., 2017; Ma & Yang, 2020).

Pemimpin transformasi dianggap lebih tepat untuk mengatasi masalah pengunduran diri (burnout) di industri perhotelan selama pandemi COVID-19, pengunduran diri  mengacu pada hilangnya antusiasme untuk bekerja, perasaan negative, sikap sinis dan rendahnya rasa pencapaian pribadi (Breevaart et al., 2014; Ma & Yang, 2020; Maslach & Leiter, 2008).

Pengaruh pemimpin transformasi pada efektivitas kepemimpinan rumah sakit selama gempa 5,12 yang melanda China pada 12 Mei 2008, mereka menemukan bahwa pemimpin transformasi dapat membantu organisasi meningkatkan kinerja organisasi dan meningkatkan keeratan (kohesi tim) selama krisis (Zhang et al., 2012).

Kelelahan paling sering terjadi ketika sebuah organisasi menjalankan tuntutan yang berlebihan dan tidak menyediakan sumber daya yang dibutuhkan karyawan, krisis COVID-19 membuat fenomena ini lebih umum dalam organisasi-organisasi yang melibatkan interaksi dengan orang-orang di sektor perhotelan (Asensio-Martínez et al., 2019; Yıldırım et al., 2021).

 

Pustaka: 

Asensio-Martínez, ´A, Leiter, M. ., Gasc´on, S., Gumuchian, S., Masluk, B., Herrera- Mercadal, P., Albesa, A., & García-Campayo, J. (2019). Value congruence, control, sense of community and demands as determinants of burnout syndrome among hospitality workers. Int. J. Occup. Saf. Ergon, 25(2), 287–295.

Bajrami, D. ., Terzi´c, A., Petrovi´c, M. ., Radovanovi´c, M., Tretiakova, T. ., & Hadoud, A. (2021). Will we have the same employees in hospitality after all? The impact of COVID-19 on employees’ work attitudes and turnover intentions. Int. J. Hosp. Manag., 94.

Bowers, M. ., Hall, J. ., & Srinivasan, M. . (2017). Organizational culture and leadership style: the missing combination for selecting the right leader for effective crisis management. Bus. Horiz, 60(4), 551–563.

Braun, S., Peus, C., Weisweiler, S., & Frey, D. (2013). Transformational leadership, job satisfaction, and team performance: a multilevel mediation model of trust. Leadersh. Q, 24(1), 270–283.

Breevaart, K., Bakker, A. ., Hetland, J., & Hetland, H. (2014). The influence of constructive and destructive leadership behaviors on follower burnout. In: Leiter, M.P., Bakker, A. B., Maslach, C (Burnout at). Psychology Press.

Chi, O. ., Saldamli, A., & Gursoy, D. (2021). Impact of the COVID-19 pandemic on management-level hotel employees’ work behaviors: moderating effects of workingfrom- home. Int. J. Hosp. Manag. 98, 103020. . . Int. J. Hosp. Manag, 98.

De Jong, J. ., & Den Hartog, D. . (2007). How leaders influence employees’ innovative behaviour. Eur. J. Innov. Manag, 10(1), 41–64.

Fan, D., Cui, L., Zhang, M. ., Zhu, C. ., Hartel, C. E. ., & Nyland, C. (2014). Influence of high-performance work systems on employee subjective well-being and job burnout: empirical evidence from the Chinese healthcare sector. . . Int. J. Hum. Resour. Manag, 25.

Goh, & Baum, T. (2021). Job perceptions of Generation Z hotel employees towards working in Covid-19 quarantine hotels: the role of meaningful work. Int. J. Contemp. Hosp. Manag, 33(5), 1688–1710.

Hao, F., Xiao, Q., & Chon, K. (2020). COVID-19 and China’s hotel industry: impacts, a disaster management framework, and post-pandemic agenda. Int. J. Hosp. Manag, 90, 1–11.

Kelloway, E. ., Turner, N., Barling, J., & Loughlin, C. (2012). Transformational leadership and employee psychological well-being: the mediating role of employee trust in leadership. Work Stress, 26(1), 39–55.

Kloutsiniotis, P. V., Mihail, D. M., Mylonas, N., & Pateli, A. (2022). Transformational Leadership, HRM practices and burnout during the COVID-19 pandemic: The role of personal stress, anxiety, and workplace loneliness. International Journal of Hospitality Management, 102(January), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2022.103177

Ma, M.-H., & Yang, Q.-S. (2020). How does transformational leadership work on COVID-19? An empirical evidence from China. . . J. Innov. Stud, 1(2).

Mao, Y., He, J., Morrison, A. ., & Andres Coca-Stefaniak, J. (2020). Effects of tourism CSR on employee psychological capital in the COVID-19 crisis: from the perspective of conservation of resources theory. Curr. Issues Tour, 1–19.

Martins, A., Riordan, T., & Dolnicar, S. (2020). A post-COVID-19 model of tourism and hospitality workforce resilience.

Maslach, C., & Leiter, M. . (2008). Early predictors of job burnout and engagement. J. Appl. Psychol, 93(3), 498.

Ogbonnaya, C., & Messermith, J. (2019). Employee performance, well-being, and differential effects of human resource management subdimensions: mutual gains or conflicting outcomes? Hum. Resour. Manag. J, 29),(3), 509–526.

Tuan, L. . (2018). Driving employees to serve customers beyond their roles in the Vietnamese hospitality industry: the roles of paternalistic leadership and discretionary HR practices. Tour. Manag, 69, 132–144.

Wen, T. ., Ho, T. ., Kelana, B. W. ., Othman, R., & Syed, O. . (2019). Leadership styles in influencing employees’ job performances. Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci. 9 (9), 55–65. Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci, 9(9), 55–65.

Yıldırım, M., Çiçek, I., & Sanlı, M. . (2021). Coronavirus stress and COVID-19 burnout among healthcare staffs: the mediating role of optimism and social connectedness. Curr. Psychol, 1–9.

Zhang, J., Xie, C., Wang, J., Morrison, A. ., & Coca-Stefaniak, J. . (2020). Responding to a major global crisis: the effects of hotel safety leadership on employee safety behavior during COVID-19. . . Int. J. Contemp. Hosp. Manag, 32(11), 3365–338.

Zhang, Z., Jia, M., & Gu, L. (2012). Transformational leadership in crisis situations: evidence from the People’s Republic of China. . . Int. J. Hum. Resour. Manag, 23(19), 4085–4109.

Zheng, J., Wu, G., & Xie, H. (2017). Impacts of leadership on project-based organizational innovation performance: the mediator of knowledge sharing and moderator of social capital. Sustainability, 9(10), 1893.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Alfin SH dan Azhar Hamzah: Memajukan Desa di Sungai Penuh melalui Implementasi Pedoman Pembangunan Desa dan SDGs

Sungai Penuh - Alfin SH dan Azhar Hamzah, calon walikota dan wakil walikota Sungai Penuh, berkomitmen memajukan desa-desa di wilayahnya deng...

Struktur Sungai

Struktur Sungai

POLA RUANG SUMATERA

POLA RUANG SUMATERA

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

Kec. Jambi Selatan - Kota Jambi

BERHALE ISLAND

Pulau Berhala
Large selection of World Maps at stepmap.com
StepMap Pulau Berhala


ISI IDRISI TAIGA

ISI IDRISI TAIGA

HOW TO GOIN ON BERHALE ISLAND

Kota Jambi

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

Desa Batu Kerbau - Kab. Bungo

TERAKHIR DI UPDATE GOOGLE

COMMUNICATE

+62 812731537 01